Kamis, 23 Februari 2017

TASBIH DAN ISTIGHFAR


Tasbih dan Istighfar merupakan dua perkataan/kalimat yang amat baik/thayyib. Sehingga dua kalimat ini juga dikenal dengan kalimat thayyibah.

Namun demikian dua kalimat ini mempunyai keistimewaan masing - masing yang satu sama lainnya saling melengkapi.

Tetapi mana yang lebih utama diantara keduanya? Berkenaan dengan ini Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah memberikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan Al Imam Ibnul Qayyim sebagaimana dipaparkan dalam kitab beliau, al-Wabilus Shayyib:

"Suatu hari aku berkata kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (semoga Allah ta'ala merahmatinya) : beberapa ahli ilmu ditanya manakah yang lebih bermanfaat bagi seorang hamba, tasbih atau istighfar? Maka beliau menjawab : jika pakaian itu bersih, maka wewangian dan air mawar lebih bermanfaat untuknya, dan jika pakaian itu kotor, maka sabun dan air panas lebih bermanfaat untuknya.

Untuk itu ketika kita banyak dipenuhi dosa dan maksiat, perbanyaklah istighfar. Apalagi jika saat ini selalu bergelut dengan kemaksiatan setiap saatnya. Dilanjutkan dengan memuji dan mengagungkan Allah azza wajalla.

Wallahu a'lam bisshawab.

🖋Sabar Ahmad Sholikin

•═════◎◎۩❁۩◎◎═════•
Broadcasted by belajar sabar
- Telegram channel:https://t.me/belajarsabar
- Blogger:http://dakwahdanpendidikan.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Jam

Tugas Siswa

Universitas Brawijaya

SMP Muhammadiyah

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner