Rabu, 22 Februari 2017

PENTINGNYA SHALAT BAGI SEORANG MUSLIM


"PENTINGNYA SHOLAT BAGI SEORANG MUSLIM"

Melaksanakan shalat lima waktu yang diawali dengan takbir (pengagungan kepada sang pencipta) dan diakhiri dengan salam (menebar keselamatan) merupakan suatu ibadah yang sangat agung.

Pengagungan terhadap Sang Khaliq mempunyai makna bahwa bumi, langit dan isinya serta yang ada diantara keduanya kecil dihadapan Allah, apalagi manusia.

Bumi dan langit menurut ukuran manusia merupakan benda yang amat besar, akan tetapi keduanya masih mengagungkan Allah. Hal ini dibuktikan dengan keteraturan keduanya. Bumi berotasi dan berevolusi sesuai perintah Allah, tidak pernah membangkang walau sedikit. Bagaimana dengan manusia?

Manusia semestinya lebih bisa mengagungkan Allah dengan menjalankan ketaatan-ketaatan kepada Allah, misalkan shalat. Karena manusia adalah makhluq yang paling sempurna diantara makhluq yang lain.

Allah SWT berfirman: "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya," (QS. At-Tin: Ayat 4)

Shalat merupakan tiang agama, kedudukan yang luar biasa. Barang siapa telah meninggalkan shalat maka dia telah merobohkan agamanya. Dan barang siapa telah melaksanakan shalat berarti dia telah menegakkan agamanya.

Shalat diibaratkan sebagai tiang agama, artinya jika seorang muslim telah melakukan shalat/menegakkan shalat dia telah mengokohkan agamanya. Sebaliknya jika seorang muslim meninggalkan shalat maka dia telah melemahkan agamanya.

Allah SWT berfirman: "(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan sholat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka," (QS. Al-Baqarah: Ayat 3)

Seorang muslim yang telah berhasil menegakkan shalat, selain dia telah menguatkan agamanya maka dia juga telah membentengi dirinya dari perbuatan keji/cela dan mungkar.

Allah SWT berfirman: "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-'Ankabut: Ayat 45).

Semoga segera memenuhi panggilan Allah yang Maha Mulia "SHALAT".

🖌Sabar Ahmad Sholikin

•═════◎◎۩❁۩◎◎═════•
Broadcasted by belajar sabar
- Telegram channel:https://t.me/belajarsabar
- Blogger:http://dakwahdanpendidikan.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Jam

Tugas Siswa

Universitas Brawijaya

SMP Muhammadiyah

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner