Kamis, 23 Februari 2017

DUSTA


Dusta adalah berkata atau menyampaikan sesuatu tidak sesuai dengan kebenaran, baik berupa ucapan lisan maupun dengan isyarat seperti menganggukkan atau menggelengkan kepala.

Dusta bukan perkara sepele, ini termasuk penyakit hati. Penyakit yang terus - menerus akan menjangkiti setiap insan yang terbiasa dusta.

Sekali berkata dusta maka kecenderungannya akan melakukan dusta berikutnya. Hal ini dapat dimaklumi karena pada saat dusta yang pertama dia akan melakukan dusta yang kedua untuk menutupi dusta yang pertama, begitu seterusnya.

Jika keadaan tersebut tidak diputus mata rantainya maka selamanya dia akan melakukan dusta yang akhirnya dijuluki sebagai pendusta.

Berkaitan dengan dusta Rasulullah SAW telah menyebutkan, dusta sebagai salah satu tanda kemunafikan.
Hal ini sebagaimana sabda Beliau yang artinya: “Tanda orang yang munafik ada tiga: jika berkata dia dusta, jika berjanji dia ingkari, dan jika diamanahi dia khianat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Marilah kita sekuat tenaga menjauhi dusta, karena Allah juga sangat membenci para pendusta.

Allah SWT berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan." (QS. As-Shaf: Ayat 2- 3).

Tidak hanya dibenci Allah, para pendusta juga akan dibalas oleh Allah akan kedustaannya.

Allah SWT berfirman: "Dan mereka (orang-orang kafir) membuat tipu daya, maka Allah pun membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya." (QS. Ali 'Imran: Ayat 54).

Mau menunggu apa lagi, segera jauhi dusta agar menjadi orang yang disayang Allah SWT.

Jika Allah sudah sayang maka kedamaian akan dengan mudah bisa diraihnya.

🖋Sabar Ahmad Sholikin

•═════◎◎۩❁۩◎◎═════•
Broadcasted by belajar sabar
- Telegram channel:https://t.me/belajarsabar
- Blogger:http://dakwahdanpendidikan.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Jam

Tugas Siswa

Universitas Brawijaya

SMP Muhammadiyah

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner